CARA EFEKTIF BIKIN PASPOR SENDIRI

Posted by Mira Jumat, 29 Maret 2013 1 komentar
Bismillahirrahmanirrahiim..

hi guys!! nice to see you again and again ^_^

ok now ill share HOW TO MAKE A PASSPORT EFFECTIVELY, this story based on my true story, surely.... its for the first time i came to imigration office then i make passport alone without experience, hmm thats really unforgetable..dan buat kamu yang mau bikin paspor kayannya penting cari tau apa aja yang mesti disiapin biar semuanya lancar, so terus baca artikel tips dari saya ini sampe beres:

1.      Bikin surat Pra-Permohonan pembuatan paspor secara online, klik disini. Ada 3 dokumen yang harus kamu siapin sebelum melakukan pendaftaran online:

-     KTP
-     kartu keluarga
-     akta kelahiran/ijazah/surat nikah

scan ketiga dokumen tersebut dalam format file jpg dan masing-masing tidak boleh lebih dari 1 MB. Pada saat membuat surat pra permohonan kamu akan diminta mengupload ketiga dokumen tersebut. Ikuti saja langkah petunjuk pengisiannya, terakhir jangan lupa untuk cetak/print surat permohonan kamu. Oya sebelumnya kamu juga harus sudah dapat memastikan kapan kamu akan datang ke kanim dan kanim daerah mana yang akan kamu pilih. Waktu itu saya memilih kedatangan hari Kamis tanggal 21 Maret 2013 di Kanim Kelas I Bandung Jalan Suropati.

2.      Kamis, 21 Maret 2013

Sekitar jam 09.00 saya tiba di kanim kelas 1 Bandung. Saya menghampiri petugas yang dekat pintu masuk untuk mengambil 2 lembar kertas formulir dan surat pernyataan yang kemudian ditempel materai. Pengisiannya harus menggunakan pulpen tinta hitam, untuk menempel materai di meja petugas sudah disediakan lem kertas jadi minta saja. Setelah itu, ambilah nomor antrian dengan menunjukan surat pendaftaran online kepada petugas yang menjaga meja antrian karena pendaftar online akan diberi kode antrian berbeda dengan pendaftar yang tidak melakukan pendaftaran online terlebih dulu dan kode antrian saya C-38 (kode C untuk pendaftar online), saya hanya perlu sekitar 15menitan untuk menunggu antrian diloket karena antrian pendaftar online jumlahnya masih sedikit dibanding dengan orang yang datang langsung ke kanim untuk pembuatan paspor. Pada loket ini kamu harus menyerahkan Fotocopy ketiga dokumen yang kamu upload, dan printout surat pendaftaran online, petugas akan memeriksa kemudian akan memanggil nama kita kembali dengan surat tanda terima berkas (berisi pemberitahuan waktu, kapan kita melakukan pembayaran, pengambilan foto dan wawancara), berkas tadi diserahkan ke kita plus map kuning yang diberikan petugas secara gratis (jadi gak usah beli map). Waktu itu saya harus kembali ke kanim jam 14.00. beruntung saya punya temen yang ngekos dideket kanim so saya bisa numpang istirahat n shalat dzuhur dengan nyaman ;p

Saya datang kembali ke kanim jam 13.30 dengan harapan dapat no antrian lebih awal tapi karena kanim mulai beroperasi lagi jam 13.00 jadi saya pun harus menunggu lagi sekitar 20menitan. Untuk melakukan pembayaran diloket kita harus mengambil no antrian yang baru lagi dan ingat no antrian yang sudah terlewat TIDAK BERLAKU LAGI, artinya kalo udah kelewat ya ngambil lagi no antrian baru..jadi ambil posisi yang tidak jauh dari loket agar nama kita bisa terdengar lebih jelas dan gak ada orang yang nyerempet-nyerempet. Serahkan map kuning dan bayarkan uang pas 255ribu ke loket setelah itu kita akan dikasih tanda lunas pembayaran dan menuju ke loket berikutnya untuk sesi terakhir yang ditunggu-tunggu yaitu pemotretan, sidik jari and wawancara (no antrian yang tadi masih berlaku untuk antrian sesi terakhir ini) jadi saran saya datanglah lebih awal jam 13.00 meskipun diberkas tercantum jam 14.00.

…..kalo saya tidak salah baca untuk pemotretan diharuskan memakai pakaian seperti kemeja dan tidak boleh memakai sandal yaa..intinya kesopanan dan kerapihan berpakaian harus diperhatikan. Untuk wawancara paling ga nyampe 5menit kita Cuma diminta konfirmasi biodata kita plus ditanya MAU KEMANA? siapin aja jawaban sesimpel mungkin.

Setelah selesai wawancara, kita dikasih tanda pengambilan paspor dan tercantum pula tanggal pengambilannya. Tanggal 26 Maret 2013 saya harus kembali ke kanim untuk pengambilan paspor, karena saya berhalangan jadi saya wakilin ke temen saya untuk mengambil paspor baru saya dengan catatan kita membuat surat kuasa yang ditempel materai. ya ribet juga siih tapi ini demi menghindari penyalahgunaan paspor kali ..dikahawatirkan paspor ini jatuh ke tangan orang yang ngaku-ngaku temen si pemilik paspor dg adanya surat kuasa cukuplah untuk member bukti kuat kalo yang ngewakilin ngambil emang bener-bener temen kita. Akhirnya….

Horeeee now I have a passport, the adventure will be begin!!!

Its so easy and simple right??

masih ada juga sih yang menggunakan jasa calo tapi kita harus bayar sampe 2x lipatnya..padahal gak repot-repot amat kok ngurus paspor sendiri. Just in a week you will get a new passport!!

Oya ini ada sedikit tips buat ngecheck kesiapan kamu sebelum pergi ke kantor imigrasi, biar gak ada istilah kelupaan dan ketinggalan..saran ini berdasar hasil evaluasi pengalaman saya yang kurang menyiapkan secara matang sebelum pergi ke kanim. kelengkapan peralatan dan dokumen yang harus kamu siapin diantaranya:

a)     Lembar surat pra permohonan online
b)     Pulpen tinta hitam
c)     Materai Rp6000
d)     Bawa ketiga dokumen asli yang kamu upload pada saat pendaftaran online (kecuali untuk Kartu   Keluarga tidak bawa yang asli pun tidak apa-apa) dan Fotocopy masing-masing 1 lembar di kertas ukuran A4.
e)      Gak usah beli map, dulu siih katanya kita harus beli map kuning (yg khusus dijual untuk pembuatan paspor dengan harga Rp 5rb-10rb) tapi sekarang diberikan secara gratis oleh petugas pada saat kamu menyerahkan berkas/dokumen di loket.
f)       Kalo kamu bekerja, bawa juga surat keterangan izin dari atasan/instansi
g)      Uang pas Rp.255.000
h)      Berpakaianlah yang sopan dan rapih karena pada hari itu juga ada sesi pengambilan foto untuk paspor dan wawancara.

That’s my first experience make a passport..hope this useful for you all..

GET ENJOY  TO MAKE A PASSPORT  :)

Categories:

Like dan bagikan artikel ini:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: CARA EFEKTIF BIKIN PASPOR SENDIRI
Ditulis oleh Mira
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mardhiyanimira.blogspot.com/2013/03/cara-efektif-bikin-paspor-sendiri.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
1 Comments

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of WARNA WARNI HIDUP.