Pengalaman Mengikuti Pelatihan 100.000 Wirausaha Baru Jabar 2015

Posted by Mira Senin, 09 November 2015 9 komentar
Bismillahirrahmanirrahim...
Alhamdulillah, saya diberi kesempatan Allah untuk belajar jadi pengusaha dan saya adalah salah satu peserta yg lolos seleksi dari sekian pendaftar wirausaha jabar tahun 2014. Untuk mencek peserta pelatihan yg lolos cek disini
Senang dan haru... tak pernah menyangka bisa lolos, karena sejak tes seleksi pada desember 2014 tak ada kabar apapun/tak ada kejelasan hasil seleksi di web Indag (perindustrian dan perdagangan), barulah akhir maret sekitar tanggal 20an ada telepon dari panitia WUB Jabar, saya berhak ikut pelatihan pada tanggal 13-17 April 2015. Setelah saya cek web resmi indag, ternyata ada 2 angkatan yg mengikuti pelatihan pada waktu yg sama yakni angkatan A dan B. Tiap angkatan terdiri 100 orang. Sedang, tempat penyelenggaraanya di RINDAM III Siliwangi. Agak semi militer gitu lah... pada saat kita mau makan, keluar ruangan, olah raga ringan dll kita pake gaya ala TNI, baris berbaris gitu  ....over all saya suka sih, kita jadi lebih bisa disiplin dalam berkegiatan termasuk untuk disiplin shalat tepat waktu berjamaah pula.

TIDUR?
Selama 5 hari kita tidur di barak, perempuan dan laki-laki terpisah termasuk toiletnya. Alhamdulillah aurat bisa tetap terjaga karena jalur/aksesnya pun terpisah.

MAKAN?
Sehari 3 kali makan dan 2 kali snack. Saya sendiri merasa kewalahan menampung makanan, rasanya makan terus. Menunya sering kali sama, request saja ke panitia agar ganti menu, kami melakukan hal yg sama untuk mncegah ketidaknafsuan makan. Saran saya bawa aja bon cabe, kecap, saus dll sebagai penggugah selera makan anda.

AGENDA?
Agendanya cukup inspiratif untuk seorang yang baru akan memulai usaha seperti saya, dengan menghadirkan beberapa pengisi dari kalangan pengusaha ternama wilayah jabar salah satunya owner Floating Market Lembang turut hadir di salah satu acara rangkaian  seminar WUB. Namun, yang kami sayangkan (saya dengan beberapa teman peserta) adalah pelatihan WUB tahun ini kurang membekali kami peserta WUB bidang bisnis online dengan memberi kami praktik berupa penguasaan terhadap strategi pemasaran sukses berjualan online, alangkah lebih baik jika pelatihan ini dilakukan dengan learning by doing. 
'Ala kulli hall kami masih bisa menambah banyak ilmu penjualan online yg diperoleh dari sesama peserta pelatihan WUB diantara mereka setelah ngobrol tak sengaja bahkan ada yang sudah jago marketting yg beliau sudah beberpa kali ikut training kelas profesional, adapula yang ahli IT/staff  IT lembaga ternama, dari sanalah kita bersepakat untuk mengadakan jam tambahan diluar agenda panitia wub untuk memberi pelatihan yg lebih berbasis praktik langsung, berbasis kebutuhan kita sebagai penjual online dengan pematerinya masih peserta wub sendiri yg kami percayai kompetensinya. Disini ada juga peserta dengan usia dewasa atas yang mungkin tak selihai anak zaman sekarang mengoperasikan laptop, tapi dengan saling membantu selalu ada ilmu yg diperoleh dari pengalaman/pengajaran yg diberikan secara percuma diantara para peserta. itu yg saya merasa bersyukur mengikuti wub, meski wub ini tidak sesuai dengan ekspektasi saya tapi Alhamdulillah ada hikmah yg bisa kita ambil bahwa tidak ada yang sia-sia dibumi ini, Sesuatu terjadi karena kehendaknya, tidak ada suatu kejadian yang luput dari pengawasanNya maka memang kita harus benar-benar mau berusaha menggali hikmah/pelajaran dibalik suatu kejadian.
MODAL?
Harapannya memang kita ingin mendapat bantuan modal dari program ini seperti pada program wub tahun sebelumnya (kabarnya), namun setelah ngobrol dg sesama peserta wub khususnya peserta putri sejak awal ikut pelatihan ini sudah memahami bahwa ada peluang mendapatkan modal dan tidak. Kalopun tidak, kami berasumsi mungkin memang karna tahun ini pesertanya sangat banyak jadi barangkali ini bisa jadi pemakluman. Pada salah satu sesi ada acara yg menghadirkan para pegawai bank daerah BJB yang menawarkan pinjaman modal, dijelaskan pula prosedur, kelebihan dan kemudahannya. Namun, beberapa dintara peserta ramai berbisik "Udah... kalo mau mulai usaha mending pake duit yang jelas aja... biar dikit yang penting jalan terus.... kalo tercampur riba pan malah takut mengurangi keberkahan yah.... " begitulah bisik-bisik tetangga antar peserta wub.
Sekian, semoga ada manfaat dari pengalaman saya.
Categories:

Like dan bagikan artikel ini:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pengalaman Mengikuti Pelatihan 100.000 Wirausaha Baru Jabar 2015
Ditulis oleh Mira
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mardhiyanimira.blogspot.com/2015/11/pengalaman-mengikuti-pelatihan-100000.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
9 Comments

9 komentar:

Cucu rustaman mengatakan...

Tteh ada penggantian ongkos ga?? Hehe

Cucu rustaman mengatakan...

Tteh ada penggantian ongkos ga?? Hehe

Uhi Ruhiman mengatakan...

Bagus ya teh ... apalagi klo dpt modal gratis ... hehe
teh Cucu ada uang sakunya ... saya juga pernah ikut .

Unknown mengatakan...

Info yg bermanfaat..

Unknown mengatakan...

Cara daftarnya gmna?

Unknown mengatakan...

Berapa uang transport dan uang sakunya?

Masykur mengatakan...

kebetulan saat ini saya ikut wub angkatan 20, (26-30 September 2016) di hotel perdana wisata.
ganti ongkosnya juga ada kok.
dan sepertinya seru.
ini adalah hari pertama saya ikut wub jabar

Unknown mengatakan...

15rb

Ayu Putu mengatakan...

Trmksih infonya.
Alhamdulillah sy ikut WUB tingkat kota Depok saja..
Trmksih kepada DKUM yg SDH memfasilitas. Semoga sy dan teman2 s menjadi pengusaha yg sukses dunia akhirat .Aamiin

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of WARNA WARNI HIDUP.