6 poin pokok dalam surat Yasin

Posted by Mira Rabu, 05 Juni 2013 2 komentar

catatan hari Ahad tanggal 02 Juni 2013
tempat: Jatipamor
pemateri: Ustadz Andri

Bismillahirrahmanirrahiim,
Ketika kita membaca Quran, adalah seumpama kita sedang mengambil tanah dengan genggaman tangan kosong.
Dan ketika kita membaca Quran dengan membaca maknanya, memahami isinya, menggali kandungan"nya itu berarti kita sudah tidak mengambil tanah dengan tangan kosong lagi, sudah ada alat ditangan kita sehingga jika tanah yang dengan alat ini terus kita pake gali maka akan ketemu tanah yang bersih dari kotoran, batuan berharga atau bahkan air yang jernih yang memancar.

Begitulah gambaran ketika yang kita lakukan adalah hanya membaca saja tanpa menyelami makna dan maksudnya jangan heran kalau merasa hambar, atau kadang adakalanya bosan HATI HATI itulah indikasi bahwa kita memang belum mencintai Quran. Oleh karena itu PENTING untuk semua muslim bahwa mempelajari isi, kandungan, makna ayat-ayat Quran sehingga kita benar-benar menjalankan kehidupan kita sesuai petunjukNya. Minimalnya usahakan kita punya Quran yang ada terjemahannya, dan punya juga Tafsir Qurannya.

Pembahasan Yasin yang dimaksud adalah sebagai pengantar untuk mengenal tafsir surat Yasin secara keseluruhan. Surat Yasin yang berjumlah 83 ayat yang merupakan surat Makiyyah, artinya surat ini turun sebelum Rasulullah hijrah, sehingga kemungkinan terbesar adalah turun di kota Mekah.
Kenapa surat Yasin diturunkan?
Kita tahu bahwa sebelum Nabi hijrah Islam sebagai agama baru pada Saat itu mendapat banyak ujian dari kaum kafir quraisy, maka mereka melakukan banyak cara agar agama yang baru ini tidak berkembang dikota Mekah diantaranya adalah dengan melakukan pencitraan jelek terhadap Muhammad sebagai pembawa agama islam, contoh:
✔ Muhammad dianggap gila, pembohong, sehingga ketika apapun yang keluar dari mulutnya tidak bisa dibenarkan. Kafir quraisy sengaja menebar kebohongan agar masyarakat arab turut mengingkari kerasulan Muhammad
✔Selain itu, mereka berupaya menyebar fitnah dg menyebut Quran sebagai syair jahiliyah, dongeng dan bahkan ada yang menyebut Quran sebagai hasil belajar Muhammad dari para pendeta Nasrani dan Yahudi.
✔pengingkaran terhadap hari kebangkitan pun kerap dilakukan pihak jahiliyyah dimana menurut mereka tidak ada kehidupan setelah mati. Sehingga kehidupan digunakan untuk bersenang-senang saja. Ada satu ungkapan yang terkenal tentang pengingkaran ini: "Bagaimana mungkin tulang belulang yang telah berserakan ini bisa berpadu kemudian dibangkitkan?"
Maka dalam surat Yasin terdapat ayat untuk membantah hal tersebut:
ﻗﻞ ﻳﺤﻴﻴﻬﺎ ﺍﻟﺬﻱ ﺍﻧﺸﺎأﻫﺎﺃﻭﻝ ﻣﺮﺓ...
Sayd Quthb pun dalam tafsirnya menyebutkan bahwa Yasin adalah jawaban atas pengingkaran orang kafir terhadap hari kebangkitan.

Berikut 6 poin mendasar yang terkandung dalam surat Yasin:
★ Pernyataan Allah SWT bahwa Muhammad SAW adalah utusan Allah yang membawa Quran
ﺍﻧﻚ ﻟﻤﻦ ﺍﻟﻤﺮﺳﻠﻴﻦ

★ Kisah penduduk sebuah kota annukiyah (sebuah tempat daerah Romawi yang mayoritas nasrani). Maka kisah ini dimaksudkan sebagai pembelajaran bagi orang-orang Mekah
★ Penyesalan orang-orang yang tidak beriman
★ Mengungkap tanda-tanda kekuasaan Allah SWT
★ Kondisi orang-orang mukmin pada hari kiamat
★ Allah berkuasa membangkitkan orang-orang mati

Dalam sebuah riwayat, ada sekitar 20 hadist yang menyebutkan keutamaan suray Yasin. Dan yang perlu diingat adalah hadist tersebut semuanya TIDAK SHAHIH.

Categories:

Like dan bagikan artikel ini:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 6 poin pokok dalam surat Yasin
Ditulis oleh Mira
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mardhiyanimira.blogspot.com/2013/06/6-poin-pokok-dalam-surat-yasin.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
2 Comments

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Unknown mengatakan...

kepada Rosnida Zainab , anda waras kah . makasie

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of WARNA WARNI HIDUP.