sekilas tentang PENCIPTAAN ALAM SEMESTA DARI KETIADAAN

Posted by Mira Kamis, 24 Maret 2011 1 komentar
Baru seabad yang lalu semua orang hampir menyepakati bahwa alam semesta memang diciptakan oleh Sang Pencipta, itupun karena konsep ilmiah/sains berhasil membuktikan berdasarkan perhitungan fisika bahwa alam semesta bermula dari ketiadaan dengan Teori BigBang yang eksperimental. Namun perlu diketahui bahwa sebelum itu orang banyak memahami alam semesta adalah ada dan akan terus ada seterusnya yang berujung pada menafikan sang pencipta, pernyataan ini merupakan gagasan dari tokoh/ilmuwan penganut materialisme. Jauh sebelum adanya gagasan teori BigBang dan Materialisme,pada abad ke-7 Al-Quran telah menjelaskan secara tersirat mengenai penciptaan alam semesta oleh Allah SWT.  Adapun alur perjalanan mengenai gagasan/pemikiran dari berbagai paham dengan pertentangan sampai akhirnya teori Bigbang yang banyak dipahami orang mengenai penciptaan alam semesta.
·           Gagasan “keberadaan abadi”, dikembangkan pada masa kekaisaran Romawi dan Yunani kuno. Pada masa renaisans Immanuel Kant  mempengaruhi orang Eropa tentang alam semesta tanpa batas. Karl Marx dan Friedrich Engels membawa pandangan materialisme pada karya-karyanya yang diikuti pula oleh pendukung setia Marxisme yaitu George Politzer.
·           Tahun 1922,sejalan dengan perkembangan Astronomi Modern Alexandra Friedman menghasikan perhitungan yang menunjukan bahwa struktur alam semesta tidak statis (unsteady stead universe).
·           George Lemaitre,menyadari perhitungan Friedman. Lemaitre menyatakan bahwa alam semesta mempunyai permulaan, ia mengembang sebagai akibat dari sesuatu yang memicunya dan tingkat radiasi dapat digunakan sebagai ukuran akibat dari “sesuatu” itu. Edwin Hubble melalui teleskopnya mengamati bintang dan ia menemukan pergeseran dari cahaya bintang ke arah merah spektrum sementara menurut aturan fisika warna merah cendrung menjauhi titik observasi. Penemuan selanjutnya bintang-bintang ini tidak hanya menjauh dari bumi tetapi bergerak saling menjauh artinya lama semesta ini dengan konstan “mengembang”. Penemuan ini menyimpulkan bahwa pengembangan alam semesta bermula dari materi yang kecil/terpadatkan dengan analogi mencapai volume nol dan alam semesta muncul dari ledakan materi yang memiliki volume nol ini. Ledakan ini disebut “dentuman besar”. Hal ini membuktikan sebagaimana yang diungkap Al-Quran:
“ Dia Pencipta langit dan bumi..”                                                                           (Q.S. Al-an’am :101)

“Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, Kemudian kami pisahkan antara keduanya. dan dari air kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?”    
                                                                                                                          (Q.S. Al-anbiyaa :30)

·        Bukti-bukti yang mendukung “dentuman besar”. Tahun 1948 George Gamov mengembangkan perhitungan Lemaitre dan menghasilkan gagasan baru bahwa jika alam semesta terbentuk dari ledakan besar, maka harus ada sisa radiasi dari ledakan tersebut dan radiasi ini bisa dideteksi serta sama diseluruh alam semesta. Beberapa dekade kemudian bukti pengamatan Gamov ini diperoleh:
ü  Tahun 1965, Arno Penzias dan robert Wilson menemukan “radiasi latar belakang kosmik”, radiasi ini tersebar merata diseluruh jagat raya.
ü  Jumlah relatif hidrogen dan helium di alam semesta. Pengamatan ini menunjukan jumlah campuran kedua unsur ini sesuai dengan perhitungan teoritas dari apa yang seharusnya tersisa setelah dentuman besar. Jika alam ini telah ada selamanya maka hidrogennya telah terbakar menjadi helium.

Sangat jelas bahwa dentuman besar berarti penciptaan alam semesta dari ketiadaan yang menjadi bukti keberadaan sang pencipta yaitu Allah SWT yang kuat ditolak para materialis. Adanya fakta ini, membuat mereka  berusaha untuk membantah kenyataan ini dengan penjelasan/model lain mengenai alam semesta berikut:
·      Model alam semesta berosilasi, bahwa alam semesta ada selamanya namun mengembang dan mengerut yang kemudian meledak, menurut mereka hal ini akan terus berulang tak terbatas memulai pengembangan babak baru.  Model ini tidak didukung riset ilmiah dan hukum fisikapun tidak bisa menjelaskan mengapa alam semesta yang mengembang akan berkerut lagi. Mereka jelas berupaya melepas gagasan penciptaan.
·       “Model semesta kuantum”, mereka mengklaim materi “tidak ada kalau sebelumnya tidak ada” singkatnya tidak ada keberadaan dari ketiadaan. Model ini tidak diterima karena kesulitan yang dibawanya.
(dibuat untuk tugas kuliah IPBA,  resume Penciptaan Alam Semesta ^^)
Categories:

Like dan bagikan artikel ini:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: sekilas tentang PENCIPTAAN ALAM SEMESTA DARI KETIADAAN
Ditulis oleh Mira
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mardhiyanimira.blogspot.com/2011/03/sekilas-tentang-penciptaan-alam-semesta.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
1 Comments

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of WARNA WARNI HIDUP.