Islam in Singapore

Posted by Mira Rabu, 18 Maret 2015 0 komentar

🌀ISLAMIC NEWS CORNER
Rabu, 18 Maret 2015

Tema : "🇸🇬 Islam di Singapura 🇸🇬"

Edisi INC Perdana ( Perkembangan Islam Di Belahan Dunia)

“The Little Red Dot”, adalah salah satu julukan yg melekat pada pulau kecil ini.
🌀 Dgn daerah seluas 710 km², membuat pulau ini menjadi Negara terkecil di kawasan Asia Tenggara. Dialah Singapura yg terletak diujung selatan Semenanjung Malaya. Dipisahkan oleh selat Johor dgn Malaysia dan dipisahkan dari kepulauan Riau oleh selat Singapura. Singapura kini memiliki penduduk sebanyak 5 juta jiwa. Etnis mayoritas yg menempatinya saat ini adalah Cina, sisanya adalah Melayu, India, berbagai keturunan Asia, dan Kaukasoid.

🏡 Krn letaknya yg strategis, Singapura pernah menjadi salah satu pusat Da’wah Islam di Asia Tenggara. Islam mulai masuk ke Singapura sekitar abad ke-7 Masehi. Namun, sejak awal abad ke-9 ketika terjadi imigrasi besar2an etnis Cina, maka secara otomatis perkembangan Da’wah Islam di Singapura pun tidak lagi pesat.
Saat ini sebanyak 15 % penduduk Singapura memeluk agama Islam, mayoritasnya berasal dari etnis Melayu, sisanya terdiri dari komunitas India dan Pakistan serta sejumlah kecil dari Cina, Arab dan Eurasia. Jumlah ini terbilang cukup stagnan, disebabkan sangat ketatnya peraturan mengenai Islam di negara tsb. Sbg contoh, Singapura melarang pernikahan antara orang muslim dan non muslim. Seorang laki2 non muslim dilarang menikahi wanita Muslim, kecuali wanita tsb berpindah ke Agama non muslim.

🏡 Selain itu Singapura juga sangat ketat dalam memasukkan imigran ke negaranya, Singapura akan melarang imigran muslim, kecuali utk kepentingan profesional spt belajar atau bekerja.
Sejak tahun 1968, pemerintahan Singapura membentuk Majelis Ulama Islam Singapura (MUIS), tugas utamanya ialah memberi nasehat kpd Presiden mengenai Islam. Dan sekarang MUIS-lah yg menaungi kehidupan umat Islam di Singapura.

🏡 Hal2 yg diatur oleh MUIS diantaranya,

• Syariah Court (pengadilan syariah)
• Haj Service (Pelaksanaan ibadah haji)
• Halal Sertification (Pengurusan sertifikat halal)
• Islamic Educatioan
• Zakat & Wakaf
• Mosque Management
• Madrasah Administrative.

🏡 Sebagai bagian dari Agama minoritas di Singapura, maka pelaksanaan syari’at disana tidak sebebas di Indonesia. Sbg contoh, masjid2 di Singapura hanya boleh mengumandangkan adzan dgn pengeras suara yg hanya mengarah ke dalam Masjid. Namun hal tsb tidak berlaku utk Masjid Sultan yg letaknya memang di pemukiman Arab dan India. Masjid Sultan ini merupakan salah satu Masjid terbesar dan tertua di Singapura. Utk menjumpai masjid di Singapura tidaklah semudah menjumpai masjid di Indonesia. Hal tsb dikarenakan Negara hanya mengizinkan pembangunan masjid besar. Masjid2 besar tsb diharapkan mampu menampung jama’ah dalam jumlah besar serta menyediakan berbagai fasilitas belajar. Masjid2 disana tidak hanya digunakan sbg tempat beribadah saja, namun ada juga masjid yg mengadakan kajian ba’da sholat subuh dan Magrib. Spt halnya di Indonesia, pada sore hari masjid2 disana digunakan sbg sarana belajar utk anak2. Stp dewan masjid juga menerbitkan media semacam majalah dan buletin sbg ajang da’wah dan ukhuwah sesama muslim.

🏠 Berbeda dgn di negara lainnya, para pengurus masjid digaji khusus dan memiliki ruangan pengurus eksekutif layaknya perkantoran modern.

🍴 Utk masalah makanan halal, kita tidak akan kesulitan menemukannya. Banyak restoran lokal baik yg dikelola oleh pribumi maupun etnis Arab dan India yg menyediakan makanan utk kaum muslim. Sementara utk mengecek kehalalan suatu produk, kita hanya harus mengecek adanya label halal dalam kemasan, krn MUIS mengaturnya dgn baik dan sekarang semakin banyak produk yg berlabel halal di Singapura.
🏡 Dalam hal pendidikan Islam, MUIS juga mengelola secara professional Madrasah2 yg ada di Singapura. Ada 6 madrasah yg berada dibawah naungan MUIS diantaranya,
• madrasah Al-Irsyad Al-Islamiah
• madrasah Al-Maarif Al-Islamiah
• madrasah Alsagoff Al-Islamiah
• madrasah Aljunied Al-Islamiah
• madrasah Al-Arabiah Al-Islamiah
• dan madrasah Wak Tanjong Al-Islamiah. Sama spt di Indonesia, sistem pendidikan di Madrasah menggabungkan pendidikan Islam dan ilmu2 umum. Stp Madrasah dilengkapi juga dgn tekhnologi yg memadai. Utk membiasakan murid dgn teknologi, maka tiap 2 jam murid dibebaskan utk menggunakan aplikasi dan pemberdayaan internet.

🏡 Sayangnya jenjang pendidikan Islam yg tersedia disana baru sebatas dari tingkat TK sampai Aliyah (SMA), sementara utk jenjang pendidikan tinggi belum tersedia.

🏡 Keberadaan lembaga swadaya masyarakat juga sangat berperan dalam hal memajukan umat Muslim di Singapura. Saat ini tidak kurang dari 10 LSM yg berdiri di Singapura diantaranya,
• Association of Muslim Professionals (AMP)
• Kesatuan Guru-Guru Melayu Singapura (KGMS)
• Muslim Converts Association (Darul Arqam)
• Muhammadiyah, Muslim Missionary Soceity Singapore (Jamiyah)
• Council for the Development of Singapore Muslim Community (MENDAKI)
• National University Singapore (NUS) Muslim Society, Perdaus (Persatuan dai dan ulama Singapura)
• Singapore Religious Teachers Association (Pergas)
• Mercy Relief (Center for Humanitarian)
• International Assembly of Islamic Studies (IMPIAN)
• dan Lembaga Pendidikan Alquran Singapura (LPQS).

🌾Sbg salah satu Negara destinasi wisata, di Singapura juga terdapat wisata sejarah Islam yaitu Kampung Glam. Menurut sejarahnya, kampong ini dibangun oleh Gubernur Jenderal Stamford Raffles sbg pusat perdagangan bagi kepentingan the British East India Company, dan sbg hasil perjanjian dgn Sultan Hussein maka didirikanlah Kampong Glam sbg pemukiman kaum Muslim Melayu. Sultan Hussein sendiri mendirikan istananya disana pada tahun 1819, yg kini disebut Istana Kampong Glam. Istana ini setelah dipugar ber-kali2, sekarang menjadi Pusat Warisan Budaya Melayu, atau Malay Heritage Centre. Selain Kampung Glam, kita juga dapat mengunjungi Masjid Sultan. Menurut sejarah, Sultan Hussein yg mempunyai ide utk membangun Masjid tsb, maka masyarakat menamainya Masjid Sultan.

💫 Dgn berbagai keterbatasan di Singapura, namun hal tsb tidak lantas menghalangi Muslim di Singapura utk meningkatkan kualitas dirinya. Semakin lama perkembangan kualitas Muslim di Singapura semakin membaik dan menjadi potret yg mampu berkompetisi dan meningkatkan citra Islam ditengah pemandangan global yg kurang baik terhadap umat Muslim saat ini.

💫 Ketika Muslim Singapura ber-lomba2 meningkatkan kualitas hidup mereka ditengah berbagai keterbatasan, maka perlu kita pertanyakan pada diri kita, apa yg sudah kita lakukan utk memperbaiki kualitas diri dgn kebebasan yg sangat luas di negeri tercinta ini. Semoga sekelumit tentang Muslim Singapura dapat menambah semangat kita utk terus berlomba memperbaiki kualitas pribadi kita sbg seorang Muslim.

Wallahu'alaam bishshowwab

Reposted by :
Divisi Tsaqofah Islamiyah PSDM ODOJ

INC/01/18/03/2015/Divisi TSI - PSDM ODOJ

Categories:

Like dan bagikan artikel ini:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Islam in Singapore
Ditulis oleh Mira
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mardhiyanimira.blogspot.com/2015/03/islam-in-singapore.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of WARNA WARNI HIDUP.