warna warni dakwah kampus

Posted by Mira Jumat, 20 April 2012 1 komentar
Bismillahirrahmanirrahiim,

Dakwah kampus memang penuh warna tak seperti dakwah sekolah ataupun dakwah masyarakat, ya karena banyak hal yang membuatnya berbeda,mulai dari pelaku dakwah,sasaran dakwah, medan dan lingkungan dakwah yang dinamis sehingga perlu kekuatan dalam tubuh dakwah kampus ini untuk bisa menghadapi tantangannya. Roda kampus yang terus berputar mengikuti zaman namun apakah kita akan tetap dipusarannya? Dengan apa kita mampu bertahan dipusarannya? Globalisasi telah mewarnai kehidupan manusia termasuk kehidupan kampus, mahasiswa terjerat hedonis, hura-hura, pragmatis dan egois. Lalu, bagaimana dengan aktivis dakwah?? Apakah mereka mampu mengarahkan teman-temannya itu untuk terhindar dari hedonisme atau malah ia sendiri terjerat ??
Banyak hal yang harus kita lakukan untuk membangun sebuah peradaban kampus dimana pengamalan syariat islam benar-benar telah menjadi keseharian, maka kebangkitan islam kembali ditanah ini adalah hal yang niscaya, dengan azzam yang kuat dan totalitas dari kita lah yang mampu mewujudkan semua itu. Tentu atas kehendak Allah pulalah segala sesuatu terjadi.
Strategi untuk memulai pergerakan dakwah di tiap-tiap LDK akan berbeda, tapi yang menjadi catatan jangan pernah merasa bahwa tantangan kampus lain terasa lebih mudah dibanding kita atau sebaliknya merasa jauh lebih mudah berdakwah dikampus kita dibanding dikampus lain. Semua memiliki tantangan berbeda tergantung karakteristik masing-masing kampus maka kita tidak mutlak menerapkan strategi dakwah yang berhasil dilakukan di suatu kampus tapi belum tentu akan mulus strategi tersebut di medan dakwah kita. Maka sebelum kita melangkah ke hal teknis kita harus melihat, melakuan peninjauan, analisis mengenai seberapa besar kekuatan dakwah yang kita miliki, kelemahan-kelemahan yang dimiliki mungkin melihat evaluasi periode sebelumnya, penting juga untuk mencari peluang untuk keberhasilan dakwah kita, dan hambatan apa yang menghambat terhadap keberhasilan dakwah kita.
Berbicara mengenai kekuatan dakwah, maka yang harus lebih diperhatikan adalah kader dakwah sendiri yang akan mengajak, menyeru yang lain menuju perubahan lebih baik. Hal ini menyangkut personal kader tapi lembaga pun harus memfasilitasi  seperti dauroh, ta’lim, tastqif dan kemudian bagaimana menjadikan mereka melakukan pengembangan dirinya agar paham tentang apa yang dilakukannya dalam berdakwah dan menjadi sebuah totalitas, senantiasa istiqamah menjalankanya. Kuantitas juga menjadi salah satu ukuran kekuatan selain dari kualitas yang terlebih dahulu dibahas, fenomena yang sering terjadi adalah “pengikisan kader” bisa dilihat ketika kader yang aktif adalah sebagian kecil  dari jumlah saat recruitment. Hal ini sering disadari setelah selang waktu yang lama atau saat kader hilang beberapa lama, entah seniornya sudah lupa dengan kadernya karena mungkin sudah berganti kostum tampilannya. Sangat mungkin hal ini terjadi pada kader-kader yang baru mengenal lembaga dakwah lah yang menghilang itu, mestinya kita lebih sering melakukan gathering yang inten untuk mengeratkan ukhuwah dimasa awal setelah recruitment karena mereka perlu dukungan, saat transisi ke lingkungan dakwah yang baru bagi mereka.
Kelemahan-kelemahan bisa diketahui dari hasil evaluasi atau saat LPJ dari suatu periode kepengrurusan, sebagai bahan introspeksi diri bagi lembaga, tetapi hal lain untuk mengetahui kelemahan dalam tubuh dakwah kita adalah melihat dari pandangan orang lain. Selama ini yang menjadi masalah bagi mereka yang diluar ADK adalah citra dari ADK yang ekslusif. Masalah bagi mereka ini bisa jadi menjadi kelemahan bagi kita. Image kerudung lebar, memakai gamis (hal ini mungkin tidak terlalu bermasalah bagi ikhwan), pergaulan sesama aktivis/enggan berbaur dengan yang ‘ammah. Lalu bagaimana dakwah ini akan sukses kalo yang menjadi sasarannya/madh’u nya saja menjauhi da’i?? Oleh karena itu, saat ini kita harus mulai memikirkan, bergerak menyelenggarakan event-event yang bisa merangkul mereka secara luas tentunya substansinya belandaskan dakwah hanya kemasan acara yang bisa menarik mereka terlibat dikegiatan kita. Pada mahasiswa kita katakanlah tidak terlalu rumit karena homogen, dari agamanya yaitu islam (kampus berbackground agama) jadi jenis acaranya pun bisa sedikit terkondisikan.
Kemudian dari peluang, saya menyempitkan pada siyasi. Peluang untuk melakukan pergerakan dakwah ini, kita harus bisa mencapai segala ranah/fleksibel untuk diterima dimanapun untuk ruang peluasan dakwah termasuk siyasi kampus. Kepemimpinan yang ada idealnya untuk membangun peradaban yang dicita-citakan adalah dipegang oleh kader-kader ADK, tidak mutlak seluruhnya namun saat ini ini kita harus mulai mau menduduki kepemimpinan siyasi kampus agar tak dikendarai kepentingan-kepentingan busuk dai oknum lingkungan kampus. Saat sebagian dari kita adalah pemegang kebijakan dari entah itu HIMA Jurusan, Fakultas atau universitas kita akan lebih leluasa untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam koridor dakwah secara terintegral. Tentunya kitapun tidak berkuasa penuh untuk melakukan segala sesuat secara sepihak namun moderat mengingat organisasi politik kita heterogen. Demokrasi tetap dijunjung.
Sebelum mencapai sesuatu yang jadi tujuan sudah pasti ada rintangannya, sebagaimana firman Allah. Rintangan yang ada bisa dari intern berupa SDM, adapun ekstern bisa saja ada golongan atau apapun yang merasa disaingi tentunya penolakan, gangguan, isu-isu akan muncul dari manapun terlebih lagi jika kita benar-benar sudah semakin ke puncak akan semakin besar angin yang bertiup maka goncangannya akan semakin besar pula. Yang patut kita ingat kita tidak perlu untuk melayani mereka apalagi sampai termakan oleh isu yang bermaksud mengadudombakan kita, sampai menimbulkan konflik, kekerasan fisik seperti era sebelum reformasi, naudzubillah...
Dari keempat hal tersebut mungkin hanya sebagian kecil yang semoga menjadi awal mula langkah pergerakan kita segera dimulai untuk bukan hanya sekedar memenangkan dakwah kampus tapi bagaimana kemudian pergerakan ini menjadi titik awal membangun peradaban islam, merintis kebangkitan islam yang harus dimulai dari kampus kita dengan semangat yang kami kobarkan, semangat untuk menuntaskan  perubahan!!
Categories:

Like dan bagikan artikel ini:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: warna warni dakwah kampus
Ditulis oleh Mira
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mardhiyanimira.blogspot.com/2012/04/warna-warni-dakwah-kampus.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
1 Comments

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of WARNA WARNI HIDUP.