tafakkur is a must....

Posted by Mira Selasa, 16 April 2013 3 komentar

Kebanyakan orang mengatakan tafakkur itu berpikir, bagi saya tafakkur itu lebih dari sekedar berpikir. Tafakkur itu hakikatnya bisa dikatakan kebutuhan kita, manusia. Tanpa berpikir, lantas apa yang akan diharapkan dari seorang manusia. Saya semakin yakin dengan apa yang sering disebut-sebutkan dalam Al Quran bahwa ...sesungguhnya tanda/kekuasaan Allah itu dapat dibaca untuk orang-orang yang berpikir.
Berangkat dari sanalah saya mengartikan bahwa orang-orang yang sering tafakkur atau berpikir adalah orang-orang yang dekat dengan Allah. Karena bisa jadi dari keberpikirannya terhadap sesuatu menjadi bukti bahwa ia senantiasa berusaha mendekat kepada tuhannya dengan membaca ayat, pesan-pesan, kekuasaan, kebesaran Allah SWT.
Tafakkur mungkin tidak sesempit artinya, banyak orang menafsirkannya lebih luas, mungkin dengan pemaknaan yang lebih relevan dengan kehidupan masing-masing.
kebiasaan untuk bertafakkur bukan berarti seseorang menjadi banyak pikiran yang berujung stres tapi berujung pada ketenangan jiwa, karena dengan tafakkur kita merenungkan sesuatu untuk lebih menemukan yang hakikat, mendekat pada Allah.
Dalam kehidupan bukan sekali seminggu kita mendapat cobaan, tapi seharipun bisa jadi cobaan datang bertubi-tubi oleh karena itu kita memang harus mengingat setiap saat setiap detik adalah cobaan, entah itu pahit atau manis.
Ketika kita mendapat cobaan berupa kenikmatan selayaknya lah kita bersyukur, disamping itu tafakkur harus serta pula dilakukan. Pikirkan APA YANG MENJADI SEBAB ALLAH MEMBERI KENIKMATAN KEPADA DIRI ANDA terlepas dari sifat Allah Yang Maha Pengasih, sehingga dengan mengetahui apa penyebabnya ..kemungkinan besar yang akan anda lakukan adalah anda mengulang perbuatan atau amalan yang menjadi sebab dulu datangnya kenikmatan dari Allah. Saya yakin 100% bahwa yang anda lakukan adalah sebab-sebab perbuatan baik, karena hanya kebaikan yang mendatang kebaikan.
contoh dalam kehidupan mungkin kita pernah seolah mendapat keajaiban, itulah pertolongan Allah yang arahnya tidak kita sangka..lagi butuh banget duit, eh.. tiba-tiba ada temen sms ngajak kerja/bisnis atau ketemu paman yang tiba" kasih duit. Naah pikirin tuh.. kenapa ada keajaiban, kenapa Allah ngasih pertolongan.
Oya saya inget kemaren sempet ngasih sedekah yang ga seberapa ke mesjid, atau oya tadi pagi saya abis nyempetin shalat dhuha, oya saya tadi abis bantuin ibu ngepel, nyuci, oya saya tadi abis nahan marah tuh sama temen yang ngilangin fd gue ...oya tadi gue shalat tepat waktu berjamaah di mesjid lg ..dsb.
sehingga dengan kita bertafakkur sejenak, kita jadi tau bagaimana membuat kebaikan, kenikmatan, pertolongan itu datang berulang..ya pastinya dengan mengulangi perbuatan atau amalan yang jadi sebabnya. Atau kalo mau lebih lagi kenikmatannya ya sebab amalannya ditingkatin lagi jadi 2x lipat atau berlipat-lipat
Categories:

Like dan bagikan artikel ini:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: tafakkur is a must....
Ditulis oleh Mira
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mardhiyanimira.blogspot.com/2013/04/tafakkur-is-must.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
3 Comments

3 komentar:

Anonim mengatakan...

itulah tafakur...
makasih infonya..

Mira mengatakan...

@harysukasuka
thanks gan atas kunjungannya :)

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of WARNA WARNI HIDUP.