Cara bikin sate empuk & enak

Posted by Mira Selasa, 28 Oktober 2014 0 komentar
Resep ini saya coba sendiri langsung pertamakalinya waktu idul adha kemarin 1435 H.
Saya suka makan sate buatan ayah...rasanya empuk empuk gimana gituuu, beda dg yg jualan dipinggir jalan :)
Dan sayangnya karna idul adha kemarin bertepatan dg keberangkatan ayah menunaikan ibadah haji jadilah tahun ini saya yg mengurus membuat sate mulai dari awal hingga siap saji... biasanya sih cuma bantu nusuk dan manggang aja :p
well, meski ayah gak ada saya bertekad ingin membuat sate seempuk dan seenak seperti yg ayah saya buat... tok tok tok*ketok palu
lalu, saya minta resepnya... hiaaaatt! Pegang hp, kirim sms... pencet SEND
*sejam kemudian
gak ada balesan
  *tiga jam kemudian
   gak jugaaa
    
        *empat jam kemudian
         telpon...!!! biar mahal
         juga redo aye mah...
         gubrakKk! gak diangkat!
Dengan perasaan yg tersayat saya tanya bibi (adiknya babeh nih) yg deket rumah... ohh wawww ternyata dia juga tau resep punya si ayah... karna sebenernya si ayah juga taunya dari si bibi...aaaaaak tidaaakkk!!! Pengen pura" pingsan saat itu juga :P
Oke ini dia langkah-langkah bikin sate emfuk dan ennnaq versi ane...
✔ ambil sate di balai desa, jangan lupa bawa kuponnya alhasil si kupon jadi berubah loh jadi sekresek daging (tepatnya beberapa ons lahh). Alhamdulillah..pengelolaan qurban di desa saya diserahkan sepenuhnya ke pengurus desa..jadi, semua keluarga di desa saya kebagean rata daging qurbannya hehee Fair isn't it?
Daging enggak dicuci, tapi kalopun mau dicuci cukup dengan mengalirkan air hangat/panas ke daging...enggak direndam yah entar liattt...lalu, potong" dagingnya dg ketebalan sedang..
✔ Pergi ke kebun tetangga yg ada pohon pepayanya.. potong beberapa daunnya... catatan: wajib izin dulu bro sebelum motong daun! Kalo kebun sendiri sih sikat ajaaah
✔ beli tusuk sate ke warung terdekat, saya beli 1000 dapet 20 tusuk...
✔ sebelum di buntel daun pepaya, kasih bumbu dulu bro...nnaah ini yg bakal bikin beda rasanya dg sate jalanan. Bahannya:
--- Katuncar secukupnya (lupa bahasa indo.nya apa yah*mikir..gak ketemu juga)
---Bawang putih, bawang merah secukupnya lah ya..trus tambah asem
---Mentega secukupnya, terserah yg penting itu potongan daging bisa kebumbuin semua
---ulek semua bahan
✔ masukan daging ke bumbu yg sudah di ulek, aduk hingga merata. Trus tuangkan ke atas daun pepaya, bungkus!

✔ mininal sejam kalo mau empuk, saya sih 1.5 jam soalnya keburu adzan... salat maghrib dulu broh

✔ trus siapin pemanggang daging di atas kompor... kalo hobi geber-geber kipas berarti harus pake arang ! Setelah panas, simpan dan guling...
✔ Sementara asisten alias adik saya bolak balik sate.. saya potong buat acar, kita bikin 2 versi : kecap+bawang merah+cabe/cengek, versi ke dua yaitu bumbu kacang SINTI, yg praktis aja dah tinggal seduh pake air hangat





✔Siapin timun bentuk dadu, soalnya makan daging itu cukup bikin perut panas jadi timun ini sebagai penyeimbang aja biar perut gak kepanasan*asumsi saya si gitu..ilmiahnya blm tau
✔ sate yg udah setengah mateng ceburin dulu ke kecap trus taruh lagi ke pemanggang...dijamin kecap meresap tuh sampe ke tusuk-tusuknyaaa
✔ angkat sate yg udah mateng... saya sih suka yg mateng banget jadi ada hitam2nya gitu...bisa diliat di gambar. Alhamdulillah akhirnya saya dan 2 adik saya makan 20 tusuk sate bertiga dg nasi hangat... biasanya sih dapat jatah 3/4 tusuk karena bareng ortu dan 1 adik yg lebaran qurban taun ini gak bisa pulang cuz tinggal di asrama. Sekarang lumayaaan..masing" dapet 2x lipat dari biasanya :D
taraaaaa ini dia sate empuk dan enak ala chef mira queen :p
sangat enak disajikan bersama nasi kuning hangat, ajiiiiib
Sekian, moga manfaat resepnya...oya selamat mencoba yaa gaisss ♥

Categories:

Like dan bagikan artikel ini:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara bikin sate empuk & enak
Ditulis oleh Mira
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mardhiyanimira.blogspot.com/2014/10/cara-bikin-sate-empuk-enak.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of WARNA WARNI HIDUP.