Pengalaman ikut CPNS 2014

Posted by Mira Senin, 13 Oktober 2014 2 komentar

Oktober itu musim tes cpns kali ya... hampir semua kementrian menyelenggarakan tes cpns di  bulan ini tapi entahlah untuk cpns pemerintah daerah, sampai saat ini konon belum ada kabarnya juga...

Inilah pertama kali saya ikut cpns sejak saya lulus kuliah di penghujung tahun 2012, tahun sebelumnya 2013 juga sempat ada formasi dibeberapa kota wilayah jabar, entahlah saat itu saya belum berminat. Namun, kali ini lain ceritanya...akhirnya didorong oleh rasa penasaran yang begitu besar saya memutuskan untuk ikut. Saya sempat dibuat "galau" mengenai instansi mana yang akan dipilih berikut jabatannya. Semakin saya meminta pendapat, justru membuat saya makin bingung menentukan arah kebijakan yang akan saya tempuh, #aarghhh tanpa pikir panjang... bismillah disertai kemantapan hati, KEMENDIKBUD menjadi pilihan saya. Saya tau saat mendaftar di instansi nasional, peluangnya sangaaaat kecil, lalu why not? Kita kan punya Allah yang Maha Besar :) Allah menjadi satu-satunya tempat kita bergantung dan sebaik-baik tempat pengharapan :)
Lahaula wa laa quwwata illa billahil 'aliyil 'adziim...

8 Oktober 2014
Bada' dzuhur saya meluncur ke Bandung.. menuju kosan teman saya Siti Sachlia, yang telah berbaik hati mau menampung saya dengan servis yg luar biasa *ikut makan gratis ckckckk. Semoga Allah membalas kebaikanmu dan semoga toga keduanya segera dipakai #cieeeh udah magister ajaaa

9 Oktober 2014
sebelum adzan subuh berkumandang, alarm hpku berbunyi lebih dulu... saya langsung bergegas bangun tanpa leha-leha... *kalo selama ini anda beranggapan bahwa orang bergolongan darah O orangnya tak bisa ontime itu bener banget :D
tapiiiii jangan lupa org bergolongan darah O punya semangat juang yang tinggi, jadi itulah kenapa pada saat tertentu mereka bisa sangat ontime bahkan sebelum pintu ruangan dibuka udah standby aja #saking semangatnyah ! :D

Jam 6an meluncur ke tempat tes di ITB, dianter Saceh... so sweett yaa pemirsah ...padahal emang kebetulan doi mau pergi ngampus juga keleUuus #lah kampusnya di ITB hahaa

Jam 07.00 peserta yang udah berkumpul nunggu di luar ruang comlab/ labkom  dipersilahkan memasuki ruangan dg mengisi absen terlebih dahulu. Saya kebagian nomor 19 dan duduk berdampingan dg peserta no 20. Tak disangka tak dinyana ternyata yg duduk disebelah itu tetangga daerah hahaa setidaknya itu membuat kami akrab, dan tidak canggung.

30 menit kita pakai untuk latihan cara menjawab sistem CAT, serta tanya jawab untuk hal-hal yg kurang dimengerti. Kemudian 7.30 kita mulai....!
ada 100 soal yg harus di isi dalam waktu 90 menit. Ada 35 soal TKP, 30 soal TIU, dan 35 soal TWK.
35 soal TKP (tes karakteristik pribadi) saya jawab seluruhnya, sedangkan untuk TIU (Tes intelegensi Umum) ada beberapa soal yg sy kurang kuasai sehingga saya loncat ke nomor yg lain, begitu juga dengan TWK (tes wawasan kebangsaan) ada yg sy lewat jika tak tahu jawabannya. Saya kaget, ketika lihat timer waktu yg tersisa sekitar 20 menitan lagi, masih ada belasan soal yg belum saya jawab. Saya kembali mengisi soal TIU yg sebenarnya cukup menguras waktu, tapi kemudian saya berusaha untuk mencari jawaban benar sehingga ketika waktu tinggal 1 menitan ada beberapa soal yg saya jawab asal-asalan, yg penting saya jawab semua, toh kalopun salah tak mengurangi nilai, siapa tau ini  Alhasil, begitu waktunya habis, otomatis aplikasinya tertutup dan menunjukkan hasil skor tiap bagian tes.
skor TKP : 156
skor TIU : 90
skor TWK : 85
Jadi, kalo dijumlahkan hasilnya skornya 331. Jika dibandingkan dengan teman saya hasilnya hampir sama, hanya saja pada skor TWK dia memperoleh poin 55. Dengan yang lainnya saya tidak tau.
Saya menanyakan ke teman saya kuliah dulu yg juga ikut cpns, dan menanyakan skornya dia bilang dia dapat skor 311, tak jauh beda dengan saya. lalu dia mengirimi saya passing grade cpns tiap tipe tes yaitu passing grade TKP 126 TIU 75 TWK 70. Sebelumnya, saya tidak tau menau tentang passing grade ini, Alhamdulillah tembus passing grade. Tapi, meskipun begitu belum tentu saya lulus karna boleh jadi pesaing saya yg melamar pada jabatan yang sama skornya lebih tinggi. At least saya sudah berusaha semaksimal mungkin dan saya bertawakkal untuk hasilnya! Tetap berharap, dan yakin Allah akan memberikan yg terbaik untuk kita lulus atau tidak. Kalo belum lulus kita coba lagi!!!

Categories:

Like dan bagikan artikel ini:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pengalaman ikut CPNS 2014
Ditulis oleh Mira
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mardhiyanimira.blogspot.com/2014/10/pengalaman-ikut-cpns-2014.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
2 Comments

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum mohon maaf sebelum'nya kepada admin sedikit saya ingin lewat berbagi cerita bagi teman teman yang percaya lewat postingan ini tentang KISAH SUKSES saya jadi anggota PNS, alhamdulillah berkat bantuan bpk DR.HERMAN M.Si

DIREKTUR APARATUR SIPIL NEGARA BKN PUSAT JKT, sekarang saya dan kaka saya sudah jadi PNS berkat bantuan beliau, nomor hp bpk Dr Herman 0853-2174-0123

(KISAH NYATA LULUS PNS DI lingkungan PEMDA JAWA TIMUR )

Kakak dan Saya 3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku dan Dirinya saling memotivasi dan Akhirnya di tahun 2014 Berhasil

Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.

Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.

Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan teman-teman Semua,.

Mohon maaf mengganggu waktunya saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR singkat dan semoga bermanfaat..... saya dan Kakak seorang honorer yang baru saja lulus jadi PNS tahun 2014 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya kami ini cuma seorang Honorer di Salah satu Instansi Pemda di provensi JAWA TIMUR tepatnya KOTA MADIUM dan Kakak Saya di Instansi Pemerintahan di Kantor BUPATI DI JAWA TIMUR, Saya Sudah 8 tahun dan Kakak Saya 10 tahun jadi tenaga honorer belum diangkat jadi PNS, Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol, sayapun sempat putus asah, kemudian teman saya memberikan no tlp Bpk Dr. HERMAN M.si hp: 0853-2174-0123 beliau selaku (Direktur aparatur sipil negara) di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, dua minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih kepada beliau yang sudah mau membantu saya. itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa hubungi Bpk Dr. Herman M.si no hp Beliau 0853-2174-0123, siapa tau beliau masih mau membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of WARNA WARNI HIDUP.