Antara bakat dan profesi

Posted by Mira Senin, 15 Juli 2013 1 komentar
Banyak orang jadi galau ketika ngomongin yang namanya BAKAT dan PROFESI ...
ketika lo harus milih sebuah pekerjaan, hal mana yang bakal lo pertimbangin. Apakah mempertimbangkan hal yang lo sukai, atau hal yang sesuai menurut bidang yang lo tekuni di pendidikan formal lo?
faktanya, sebagian besar mahasiswa indonesia tidak berada pada bidang yang sesuai bakat dan minatnya. Kasarnya orang bakal nyebut "lo salah pilih jurusan".
Contohnya gue sendiri yang ngalamin ini. Gue lulusan UIN Bandung jurusan Pendidikan Fisika. Cukup keren la ya dan gak susah buat juga buat seorang lulusan fisika nyari kerja apalagi background pendidikan...so jadi guru disekolah, tutor di lembaga kursus itu adalah kemungkinan besar yang dijadikan pilihan. Lembaga kursus maupun sekolah berburu guru eksak, jadi cukup laris manis juga nih para lulusan sarjana pendidikan mipa/eksak.
Tapi kemudian menurut gue bukan berarti orang seperti gue yang lulusan pendidikan fisika hanya memiliki satu kemungkinan yaitu GURU FISIKA, banyak pilihan kemungkinan pekerjaan apa yang akan kamu pilih setelah lulus kuliah. Banyak fakta si A kuliah di teknik eh jadi guru, si G kuliah pendidikan eh kerja di puskesmas, si G sekolah politik eh jadi pegawai Bank. Pokoknya bebas lah gak melulu harus sesuai bidang yang lo tekuni semasa kuliah.
Profesi gue sekarang memang guru, tapi ada yang gue senengi yang belum gue jalani ...minat gue berhubungan dengan komunikasi misal jadi penyiar radio, ngeMC, Menulis, yaa hal yang gitu deh... emang ga layak ya kalo apa yang kita senengi kita jadiin job kita? Secara realistis perhitungan kita, kadang saat kita memilih menjalani apa yang kita senangi tak menjanjikan penghasilan yang lebih besar dari apa yang kita jalani sesuai profesionalisme yang kita peroleh dijalur formal. Meski secara materi tampak tak terlalu menguntungkan bukankah secara jiwa kita merasa puas dan senang karna hal yang jelas disukai kita akan cendrung maksimal ketika melakukannya. Begitulah faktanya.
But..bukan berarti gue jadi menyalahkan keadaan dan menyesali yang telah terjadi, bagi gue takdir ga salah, baik atau enggak tergantung dari sudut mana kita melihat dan menyikapi itu semua.. intinya gue ga nyesel juga ngambil jurusan pendidikan fisika untuk S1 gue, malah gue malah dibikin jatuh cinta sama fisika..argggh..!! Yg tadinya gue pikir gue ga akan pernah ♥ fisikaaa..MasyaAllah
Mengenai minat gue berharap kelak kalopun itu baik buat diri gue..mungkin kesempatan itu bakal datang ko ke hadapan kita..dan coba saja jika kesempatan terbuka di depan mata...ga ada salahnya menjajal kemampuan diri demi memberikan sebesar besarnya kemanfaatan diri kita buat orang banyak. Sekarang jalankan sebaik baik nya apa yang ada lagi dipundakmu kini.. semoga membuka pintu pintu untuk menuju apa yanvg
Categories:

Like dan bagikan artikel ini:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Antara bakat dan profesi
Ditulis oleh Mira
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mardhiyanimira.blogspot.com/2013/07/antara-bakat-dan-profesi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
1 Comments

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of WARNA WARNI HIDUP.